3/21/2015

Hikmah.

Pernah gak sih kamu dapet hikmah dari suatu kejadian? Atau dapet semacam hidayah ketika sedang menghadapi masa-masa tergelap dalam hidupmu? #eaa

Beberapa malam terakhir saya bergadang buat ngolah data hasil uji angket. Hal ini berawal dari dosen pembimbing saya yg tercinta menyuruh saya membuat angket sendiri. Padahal, dulu saya pernah berkonsultasi ke beliau kalau saya mau pakai angket yg sudah ada saja, jadi tidak perlu buat lagi, tidak harus diuji lagi. Tetapi, ya itu.. sepertinya dospem saya itu baru dapet ilham atau apalah sehingga meminta saya membuat angket baru. Padahal 2 minggu lagi saya harus sudah penelitian. Omaigat. Angket belum dibikin, lalu harus diujikan ke anak-anak, lalu diolah, lalu dilihat validitasnya, kalo hasilnya kurang bagus mesti bikin lagi, uji lagi, nyari jam kosong dan kelas lagi, daaaan makin pusing kalau dipikirin :)

Untungnya, saya gak lama-lama mikirin itu. Setelah bimbingan, malamnya langsung saya garap. Dua hari setelahnya langsung saya uji. Nah, sampai di sini ada masalah lagi. Saya gak ngerti gimana caranya ngolah data angket. Secara, dari dulu cuma belajar ngolah instrumen kognitif. Yang afektif gak kebayang sama sekali. Saya pun langsung meneror beberapa orang buat bantuin saya (neror banget?). Iya, seriusan neror. Misalnya, saya menelepon mereka dan bilang saya mau ke kosannya sekarang. sekarang banget. haha..

Beberapa orang gagal dihubungi dan gagal membantu karena kesibukannya. Dan tahu siapa bidadari penolong saya? Dina. Sahabat saya sendiri. Saya lupa kalau bahasan kita sama. Saya juga gak tau kalau ternyata ia juga melakukan uji angket. Dan... akhirnya setelah lieur (aslinya, lieur pisan, menuju jangar) berkutat dengan SS, S, J, SJ, dan angka-angka di tabel Z, dapatlah skor yang siap diolah di Anates (Thankyou Ms. Excel dan Anates), saya pun mendapatkan hasilnya.  Btw, belakangan baru saya tahu kalau mengubah data ordinal menjadi data interval yg bikin pusing itu diloah dengan teknik summated rating. Sampai di sini, ada masalah lagi. Dari 39 pernyataan yg saya buat, ada 6 yg gak valid. Enam ! Itu keterlaluan.. mau pingsan ajaaa :"(

Tapi sebelum saya pingsan, saya nangis dulu karena saat itu saya malah ditinggal ke Jogja sama ortu dan adek (seriusan gue mewek, hahaha). Seberes bersedih-sedih ria, saya langsung move on, eh maksudnya move back to angket. Saya berniat mengecek isian anak-anak kali aja ada yg asal ngisi. Ternyata bukan cuma ada, tapi banyaak. Padahal saya udah wanti-wanti untuk gak terburu-buru dan rada mikir pas ngisi angket. Tapi yasudahlah...
Setelah itu saya revisi beberapa data di olahan angket lama. Berkah banget, 4 jam saya ngutek gituan sejak shubuh, hasilnya sangat memuaskan. Dari 6 yang gak valid menjadi 3. Alhamdulillah :")
Saya buru-buru ngabarin Dina yg saya nobatkan jadi pembimbing 3 saya, dan Auliyan yg di hari sebelumnya udah nemenin saya main sampai malam. Huffft.. syukurlah :))

Dari kejadian ini tiba-tiba saya teringat petikan ayat dalam surat ke 94 dalam Al Qur'an, yang artinya kurang lebih begini:

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari satu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah kamu berharap."

Entah dengan apa saya mengungkapkan kelegaan hati saya karena perkara angket ini. Sejujurnya saya gak bisa mengerjakan tetek-bengek penelitian lainnya kalau yg ini belum beres. Tapi setelah ini, akhirnya saya dapat dengan tenang mengerjakan urusan yg lain, dengan sungguh-sungguh :)

Nah, sekarang adakah hikmah yg kalian dapat setelah membaca tulisan saya ini?
Yang jelas, ketika uji instrumen atau apa pun, pastikan testernya mengerjakan pekerjaannya dengan benar, hehe.

No comments:

Post a Comment

komentar capruk anda akan muncul setelah dimoderasi admin :)