6/21/2014

Kamera Lenovo A369i gak berfungsi setelah diupgrade

Nb. Postingan ini tanpa foto, karena hp saya sedang impoten. Punya kamera tapi gak bisa memfoto.

Tragedi ini berawal ketika saya merasa ponsel pintar saya ini terjangkit virus. Ciri-cirinya adalah beberapa file berupa gambar, dokumen, juga lagu tidak bisa didelete. Saya sudah mencoba menghapusnya langsung di ponsel, di laptop dengan bantuan kabel data, juga melepas memori external dan menghapus data-data yg ada di dalamnya. Data berhasil dihapus, tapi kemudian muncul lagi. Seperti kenangan masa lalu yg coba dilupakan tapi terngiang-ngiang terus #halah. Ya begitulah. Satu-satunya tersangka ketidakberesan itu ya cuma virus. Sempat terpikirkan untuk memformat sendiri semua data di penyimpanan internal maupun external, tapi untungnya baru terpikirkan, tak sampai dilakukan. Saya emang suka nekat dan gak sabaran. Padahal, silakan pikir sendiri akibatnya kalo saya salah memberi treatment pada benda hitam, tipis, dan canggih ini. Saya pun memutuskan untuk pergi ke Lenovo center besoknya.

Lenovo center di Bandung beralamat di jln Abudarchman Saleh, tepatnya di ruko city square blok d18. Tidak sulit menemukannya, karena tinggal lurus saja dari jln Padjajaran. Setelah sampai di sana, saya meluapkan segala keluhan saya dan menanyakan solusi terbaik dari mbak-mbak cs nya. Lalu, dia menyarankan agar hp saya diupgrade dan ganti memori external. Saya ya nurut-nurut saja. Tapi sampai di rumah ketika saya mengecek hp saya (iya, baru di rumah diceknya, jgn ditiru :3) ternyata kameranya tidak berfungsi. Ketika saya buka app kamera maka akan muncul peringatan: can't connect to camera. Haaah?

Saya pun coba mereboot hp saya berkali-kali, mendownload berbagai app kamera tapi tetap tidak membuahkan hasil. Saya pun mulai risau. huff. Tapi saya masih penasaran, akhirnya saya iseng browsing tentang masalah yg saya alami. Hasilnya, saya dapat sedikit info dari diskusi agan-agan kaskuser bahwa untuk lenovo tipe ini memang biasa bermasalah pada kameranya setelah diupgrade. Tapi, tak ada yg menjawab bagaimana solusinya. Nah, di sini saya mulai gundah gulana. Saya pun memutuskan untuk kembali ke lenovo center besoknya.

Bersama seorang teman, saya kembali ke sana. Setelah berdebat agak hangat dengan cs nya saya mendapat kesimpulan bahwa: Saya harus ganti kamera dan prosesnya memakan waktu sampai 2 bulan. Gilak. Saya berangkat kkn 2 hari lagi. Lagi pula, kalo hp saya ini diservice selama itu, saya pake hp apa? Ya bukan urusan mba-mba cs itu sih tentunya. Tapi atuhlaaah plis euy. Cuma gara2 virus, mesti diupgrade yg berimbas ke ganti kamera selama 2 bulan itu, kayaknya lebay bingits.

Tapi untungnya, biaya penggantian kamera itu nol rupiah alias free. Jadi saya rada plong deh gak perlu rogoh kocek. Entah karena masih garansi atau memang yang gituan ditanggung perusahaan. Yang jelas, itu berarti saya gak bisa ambil foto dengan hp ini selama kkn, ramadhan, bahkan sampai libur lebaran. Syedih.. :(

21 comments:

  1. saya mendapati masalah yang sama pada saat mendowngrade 2 buah hp lenovo a369i milik teman-teman saya. lenovo a369i firmware awalnya adalah ROW_S108_130929 (firmware pabrikan-lenovo) kemudian ada update-an firmware hp ini yang dibuat oleh forum rusia firmware update-annya adalah ROW_S110_140108.

    ternyata ada dua jenis firmware yang terdapat pada hp lenovo a369i pada saat pertama kali beli, ada yang lenovonya masih dengan firmware ROW_S108_130929 dan ada juga yang sudah menggunakan firmware ROW_S110_140108. membingungkan memang, kenapa 1 tipe hp bisa keluar dengan firmware yang berbeda. untuk melihat firmware, dapat dilihat pada bagian setting - about phone - build number. kalau build number di hp yang mbak gunakan tercatat firmwarenya adalah ROW_S108_130929 berarti nggak diupgrade tuh firmwarenya, malahan didowngrade. solusi untuk mengembalikan fungsi kamera, harus mengembalikan ke firmware awalnya yang kemungkinan adalah ROW_S110_140108.

    kalau pengen download firmwarenya, ini alamatnya :
    http://www.mediafire.com/download/3orsrdjui9gk5ok/Lenovo+A369i_ROW_S108_130929.rar
    http://lenovo-forums.ru/Files/OS/A369i_Row/Lenovo%20A369i_ROW_S110_140108.rar

    ini alamat cara flash (downgrade / upgrade)
    http://axacell.blogspot.com/2014/03/lenovo-a369i-bootloop-solution.html

    baca baik petunjuk untuk flashing, yang paling penting dan harus diingat adalah sebelum melakukan flashing firmware pastikan membackup imei terlebih dahulu. untuk membackup imei bisa menggunakan aplikasi mobile uncle (instal lewat play store) setelah diinstal, pastikan untuk membackup imei pada memori internal hp dan memori external. selanjutnya yg perlu diingat lagi adalah sebelum melakukan flashing harus matikan hp dan cabut batrei nya terlebih dahulu. jadi pada saat diflash hp dalam keadaan mati dan tanpa batrei.

    ini alamat official lounge lenovo a369i
    http://www.kaskus.co.id/post/52e26083a2cb17dc388b466f#post52e26083a2cb17dc388b466f

    nggak perlu lah sampai mengganti kamera nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane udah flash pahe semua row tapittp gak konek... gimnana...

      Delete
    2. ane juga punya masalah kamera pas ane kasih row 108, tp setelah baca ini dan flash ke row110 kamera ane idup lg :) thx bro..

      Delete
  2. thanks mas robinson. semoga infonya bermanfaat buat yg lain juga ya ^^

    ReplyDelete
  3. oya mas, ternyata build numbernya 106 130908 .. -__-

    ReplyDelete
  4. build numbernya itu yg tercatat di hp dimana kondisi kameranya nggak konek ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. itu setelah diupgrade dan kameranya gak konek.

      Delete
    2. bang napa yarh saya pnya pon tidak dapat connect camera

      Delete
  5. Punya ane juga gitu lenovo a369i ane
    Mati cuma masuk ke boot loap trus ane flash dah ke caunter terdekat masuk dah di flash ehh kamera kaga konek... Malah sekarang hp ane ga bisa masuk recoverymode bantuin dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. flash pake PC sista. download aja file diatas, dah lengkap smua peralatan perangnya :)

      Delete
  6. Punya ane juga gitu lenovo a369i ane
    Mati cuma masuk ke boot loap trus ane flash dah ke caunter terdekat masuk dah di flash ehh kamera kaga konek... Malah sekarang hp ane ga bisa masuk recoverymode bantuin dong

    ReplyDelete
  7. gan mau nanya setelah flashing yg ROW_S108_130929 KAMERA ane gak berfungsi, mohon solusinya.

    ReplyDelete
  8. gan mau nanya setelah flashing yg ROW_S108_130929 KAMERA ane gak berfungsi, mohon solusinya.

    ReplyDelete
  9. sangat membantu sekali thx ......tulis nota langsung....

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah,it's realy work..
    ampir ana futus asa,siap2 balikin 50rb ke ttg,gara2 complen abis flasing camera nya
    ga konek, hatur nuhun pisan...

    ReplyDelete
  11. Ada yang punya frimware ori lenovo a369i gak sob.. Butuh bgt ni

    ReplyDelete
  12. bang ijin tanya kalo pas di flash usb nya gk masuk trus itu solusi nya gimana ya.. tolong bantu ya ya agan2

    trus saya pake row_s034_140116 kamera nya gk jalan..

    ReplyDelete
  13. Klo ane sebelum flash row 111, download row 110 eh trnyata isinya 108 alhasil tidak dapat terhubung ke kamera... Mau ijin download dlu gan yg row 110 kali aja bisa...

    yg ga konek, coba install mt65xx vcom usb drivernya, ane saranin pake win7 (nyoba win8.1 gagal mulu), colok usb ke hp, jgn pasang batre dan jgn pencet apa2...

    ReplyDelete
  14. Lapor, makasih akang yg di atas row 110 nya... Hp ane udh normal lg 😁
    hatur nuhun pisan

    ReplyDelete
  15. CARA MENGETAHUI ROW BAWAAN LENOVO A369i GIMANA YA GAN ???

    ReplyDelete

komentar capruk anda akan muncul setelah dimoderasi admin :)